5 Tips Mudah Bikin Artikel Opini yang Kuat dan Menarik, Coba Yuk!

Friday, September 4, 2020

 

Photo by Charles Deluvio from Unsplash

Buatlah argumen yang cerdas dan logis

Menuliskan sebuah gagasan pribadi terhadap isu-isu yang berlangsung, memang gampang-gampang susah. Bagaimana tulisan tersebut bisa mendapat perhatian audiens, mempersuasi, memprovokasi, hingga menciptakan perubahan besar dengan cara yang cerdas, tentu harus kita pikirkan tekniknya.

Nah, jika kamu memiliki sudut pandang yang tak biasa terhadap isu-isu yang beredar dan ingin menuangkan dalam tulisan yang menarik, berikut tips mudah yang bisa kamu lakukan. Simak yuk!

1. Jadilah yang pertama dan tepat waktu

Dalam pembuatan artikel opini, ketepatan waktu menjadi poin yang sangat penting. Karena ketika ada sebuah isu yang mendominasi berita pada bebapa hari atau minggu terakhir, itulah hal yang ingin dibaca oleh pembaca. Mereka membutuhkan sebuah konten yang segar dari berbagai sudut pandang.

Oleh karena itu, kecepatan dan ketepatan bergerak adalah hal yang harus diperhatikan. Supaya konten kamu mendapat perhatian publik dan juga tidak ketinggalan jaman.  

2. Buatlah paragraf pembuka dan penutup yang kuat

Di tengah padatnya arus informasi saat ini, setidaknya kamu memiliki waktu tidak lebih dari 10 detik untuk menarik perhatian pembaca. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan menuliskan inti argumentasi kamu secara padat dan jelas pada paragraf pertama. Dan yakinkan pembaca bahwa artikel tersebut sepadan dengan waktu yang diluangkan.

Kemudian pada paragraf selanjutnya, uraikan opini kamu disertai bukti yang mendukung. Buatlah argumentasi yang cerdas dan memiliki semangat berapi-api dengan disertai analisis logis, bukan emosi atau ideologi.

Sebuah artikel opini dikatakan bagus jika diungkapkan berdasarkan fakta, diinformasikan oleh logika, dan menawarkan solusi untuk masalah yang terjadi. Kemudian pada paragraf penutup, ringkaslah kembali opini kamu secara kuat karena tak jarang pembaca yang membaca sepintas hanya bagian awal dan akhir paragraf saja.

3. Gunakan bukti yang jelas dan mendukung, namun harus bisa membedakan dengan jurnal

Tujuan membuat artikel opini adalah menawarkan pendapat, bukan analisis berita atau penimbangan pandangan alternatif. Gunakan sumber atau bukti yang kredibel untuk menguatkan argumentasi. Kamu bisa menyertakan fakta spesifik, data statistik terbaru, atau kutipan langsung yang mudah dipahami.

Inget ya, artikel opini bukanlah jurnal ilmiah. Sebaiknya gunakan bahasa yang menyenangkan, ringkas, mudah dipahami, dan membawa sudut pandang baru yang bisa memicu diskusi publik. Kamu juga bisa mengakui argumen tandingan lainnya, dan membantahnya dengan fakta yang kamu punya.

4. Gunakan kalimat aktif dan deklaratif

Supaya opini kamu tidak terlihat “lemah”, hindari menggunakan kata pasif. Seperti menuliskan “diharapkan bahwa [atau seseorang akan berharap] pemerintah akan….”. Sebaiknya gunakan kalimat aktis, seperti “saya harap pemerintah akan….”, yang terdengar lebih mudah dan jelas siapa yang berharap dan bersuara.

Selain itu, buatlah artikel dengan kalimat deklaratif, hapus kata-kata yang tidak perlu. Seperti “tampaknya”, “memang”,  atau “dapat dimengerti”. Karena hanya akan menunjukkan ketidak percayaan diri pada penyampaian opini.

5. Sebaiknya mempunyai keahlian di bidang yang menjadi topik bahasan

Ketika ingin menerbitkan artikel opini, sebaiknya kamu juga memahami betul apa yang menjadi topik bahasan. Kembangkan kepribadian ganda dan jelaskan mengapa kamu orang yang baik untuk mengulas isu tersebut.

Misalnya, kamu akan membahas topik parenting, jelaskan bahwa kamu adalah ibu dari 4 anak atau seorang trainer parenting. Atau jika ingin membahas tentang putusan pengadilan publik, identifikasi diri kamu sebagai seorang pengacara atau ahli atau memiliki pengalaman pribadi yang kuat dalam bidang tersebut.

Itulah cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk memulai nulis artikel opini. Ingat, jangan menuliskan hal-hal yang klise dan sebaiknya juga menghindari jargon, ya! Selamat mencoba.

Baca Tips Lain : 5 Trik Mudah Bikin Konten yang Banyak Disukai dan Shareable

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS