Baik kah Mendengarkan Lagu Galau Saat Patah Hati? Ini Penjelasan Ahli

Saturday, August 22, 2020

 

From Pexels -  Andrea Piacquadio

Mendengarkan lagu galau bisa mengurangi kesedihan

Saat mengalami kesedihan akibat perpisahan, tidak sedikit dari kita memilih mendengarkan musik sedih untuk menetralisir suasana hati. Namun, tepatkah pilihan tersebut atau justru akan membuat semakin larut dalam kesedihan?

Dilansir dari beberapa sumber, ternyata musik sedih dapat membangkitkan emosi positif yang dapat meringankan kesedihan, lho! Apa saja penjelasan ahli, berikut ulasannya.

1. Musik sedih dapat membantu mengekspresikan perasaan dengan cara yang aman dan menyenangkan

Patah hati memang sangat menyakitkan. Bahkan tak jarang kita merasa kesulitan mengidentifikasi emosi ketika dalam situasi tersebut. Menurut psikoterapis, Abigail Burd, mendengarkan musik galau saat sedih merupakan cara yang aman untuk mengekspresikan emosi yang kompleks.

Melalui intonasi dan liriknya yang indah, musik membantu mengkomunikasikan perasaan dan mencerna situasi yang terjadi. Sehingga kita lebih mudah menghadapi perpisahan dengan cara yang menyenangkan, bukannya traumatis.

2. Mendengarkan musik sedih dapat menormalkan emosi

Ketika mengalami kehilangan, tak jarang emosi kita menjadi meledak-ledak tak menentu. Selain dapat membantu mengekspresikan emosi, menurut Abigail Burd, mendengarkan musik sedih juga dapat menormalkan emosi kita. Musik dapat membantu kita mengakui perasaan kita, menginternalisasikan, dan kemudian mengatasinya.

3. Lagu-lagu galau dapat membantu mengatasi kesendirian

Rasa kehilangan memang kerap kali membuat seseorang menjadi terasingkan dan terisolasi. Merasa bahwa mereka hidup seorang diri dan tidak ada yang memahaminya seperti dulu lagi. Berdasarkan studi dalam Journal of Consumer Research yang dilansir dari MSN, disebutkan bahwa orang akan merasa lebih baik ketika mendengarkan musik yang cocok dengan suasana hati mereka.

Abigail Burd juga menyebutkan bahwa mendengarkan musik sedih saat kehilangan atau patah hati dapat membantu menyadarkan bahwa rasa ini bukanlah pengalaman yang unik. Tapi juga dialami dan dirasakan banyak orang. Dengan demikian, kamu merasa tidak sendirian melewati penderitaan tersebut.

4. Memproses ulang kenangan masa lalu untuk membantu melewati masa sulit

Musik adalah salah satu kegiatan komprehensif yang bisa membuat kita emosional dan membawa kita pada kenangan masa lalu. Dilansir dari MSN, Dr Mike Dow, psikoterapis dan penulis Healing the Broken Brain, menyebutkan bahwa dengan mengingat peristiwa yang menyakitkan atau traumatis, dapat membantu otak memproses ulang ingatan. Alih-alih untuk memutar kenangan, namun justru membantu seseorang melewatinya.

5. Mendengarkan musik sedih dapat melepaskan dopamin dan oksitosin untuk mengurangi stres

Berdasarkan penjelasan sains, mendengarkan lagu – lagu galau atau tentang patah hati juga dapat melepaskan senyawa kimia dalam otak, yaitu dopamin dan oksitosin. Dimana pelepasan senyawa ini sebagai respon terhadap stres, depresi, dan kecemasan. Oleh sebab itu, kita menjadi lebih rileks ketika mendengarkan lagu sedih saat dalam penderitaan.

Jadi, tidak heran ya kenapa orang yang bersedih lebih memilih mendengarkan musik galau untuk pelampiasannya. Ternyata banyak manfaatnya untuk memperbaiki mood dan emosi. 

4 comments:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS