Makin Nikmat, 6 Life Hacks ini Tingkatkan Cita Rasa Es Krim, Lho!

Friday, August 28, 2020


Picture by Jonathan Borba from Pexels

Gunakan sendok perak untuk menikmati es krim
Es krim adalah cemilan menyegarkan yang bisa dinikmati sepanjang waktu. Tak heran, kita sering kali membeli beberapa stok untuk persediaan beberapa hari ke depan atau untuk acara tertentu. Namun, teksturnya yang mudah meleleh dan mengkristal, juga kerapkali mengubah rasa, betul gak?  
Dilansir dari Insider, chef dan ahli es krim menyarankan beberapa life hacks untuk membuat es krim toko menjadi tetap lebih baik. Apa saja? Yuk simak di bawah ini.

1. Jangan simpan es krim dekat makanan beraroma kuat, seperti ikan beku dan pizza
Cara penyimpanan memang menjadi hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas es krim. Chef Aaron Beth Butterworth, pengembang produk senior di Dreyer’s Grand Ice Cream, mengungkapkan bahwa cara penyimpanan es krim bisa berdampak besar pada rasa es krim.
Hal ini dikarenakan produk susu mudah menyerap bau, jelasnya. Sebaiknya simpan es krim jauh dari bahan atau makanan beraroma kuat, seperti ikan beku atau pizzza. Namun jika tak dapat menghindari, kamu bisa membungkus karton es krim dengan kain serbet atau kantong plastik.
2. Untuk menjaga tekstur terbaik, simpan es krim di bagian paling belakang freezer
Tekstur es krim yang halus biasanya berubah menjadi kristal dan berpasir setelah penyimpanan waktu yang lama. Untuk menghindarinya, Butterworth menyarankan untuk menyimpan es krim di bagian terdingin freezer, yaitu bagian belakang, bukan di pintu samping freezer.
Karena pintu samping freezer adalah bagian yang memiliki suhu paling hangat dan menyebabkan suhu es krim berfluktuasi. Inilah yang juga sering menyebabkan freezer burn atau terbentuknya bunga es pada es krim.
3. Lapisi es krim dengan kertas roti untuk menghindari freezer burn jika ingin menyimpannya kembali setelah dibuka
Menikmati es krim langsung setelah membeli memang menjadi cara terbaik. Namun jika harus menyimpan kembali es krim yang sudah dibuka, Butterworth merekomendasikan untuk meletakkan kertas roti di permukaan es krim untuk mencegah freezer burn. Sehingga tidak mengubah tekstur.
4. Gunakan sendok berbahan perak untuk menikmati rasa terbaik es krim
Selain itu, Butterworth juga menyarankan untuk menikmati es krim menggunakan sendok berbahan perak untuk mendapatkan rasa terbaiknya. Karena peralatan dari bahan hayati dan mudah terurai, seperti sendok yang terbuat dari kayu atau tepung maizena memiliki rasa halus yang bisa mempengaruhi rasa asli es krim.
5. “Lunakkan” tekstur es krim terlebih dahulu sebelum dinikmati
Sajian es krim memang terasa lebih lezat jika disajikan setelah “melunakkan” teksturnya terlebih dulu. Untuk mendapatkan suhu dan tekstur sempurna, Teresa Shurilla, seorang koki pastry, menyarankan untuk menaruh es krim di lemari es selama sekitar 15 atau 25 menit, sesuai pada ukuran kartonnya.
Ia juga menjelaskan bahwa sebaiknya tidak menaruh es krim di atas meja dengan suhu ruang atau memanaskannya dalam microwave untuk melunakkan es krim. Karena cara ini hanya akan merusak tekstur.
6. Kreasikan es krim dengan menu favorit, seperti mochi atau sandwich
Biar cita rasa es krim makin naik level, kamu juga bisa, lho mengkreasikan cemilan ini dengan berbagai menu favorit kalian. Seperti menambahkan toping buah segar, kacang cincang, atau bahkan potongan daging asap. Membuat sandwich atau mochi dengan isian es krim juga menjadi ide bagus untuk menikmati es krim dengan cara lebih menyenangkan. 
Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati es krim dengan cita rasa yang lebih baik. Jadi langsung eksekusi, gak nih?

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS