5 Cara Menjaga Kualitas Keju yang Disimpan di Rumah Menurut Ahli

Friday, August 28, 2020


Picture by falovelykids from Pixabay

Jangan simpan di pintu kulkas, ya!
Keju adalah salah satu bahan makanan yang multiguna alias bisa dikreasikan dengan apa aja. Tak heran, jika banyak dari kita yang menyimpan keju di rumah untuk stok makanan. Apakah kamu termasuk salah satunya?
Jika iya, sudahkah kamu mengetahui cara memperlakukan keju dengan tepat? Karena kalau tidak, keju akan mudah rusak, seperti mengeras, berubah rasa, bahkan berjamur. Nah, biar kualitas keju yang disimpan di rumah tetap terjaga, berikut rekomendasi ahli yang bisa kamu terapkan. Simak, ya!

1. Jangan gunakan plastik, aluminium foil, atau tempat yang kedap udara untuk menyimpan keju
Saat membeli keju, mungkin kita mendapati plastik sebagai bahan pembungkusnya. Namun menyimpan ulang keju dalam plastik, adalah cara terburuk menurut Patrick Ochs, seorang koki eksekutif di Pubblica Italiana dan Dalia di The Celino Hotel. Dikarenakan bungkus plastik tersebut akan menjebak kelembapan dan menyebabkan keju kehilangan rasa.

Joey Wells, Koordinator Senior Global untuk Inovasi dan Pengembangan Produk Keju Khusus di Whole Foods Market juga menjelaskan, bahwa plastik bisa menjadi penghalang keju untuk “bernapas”. Selain itu, keju juga dapat bertindak sebagai spon yang menyerap plasticizer, yaitu bahan yang membuat plastik bersifat elastis dan fleksibel, sehingga menyebabkan keju mengembangkan rasa plastik.

Sama halnya dengan plastik, membungkus keju dengan aluminium foil juga akan merusak rasa. Osch menjelaskan bahwa pada beberapa jenis keju terdapat kandungan garam dan asam yang dapat berinteraksi dengan foil. Sehingga membuat keju memiliki sedikit rasa aluminium.

Wadah kedap udara mungkin jadi salah satu rekomendasi untuk menyimpan beberapa jenis keju, seperti keju lunak. Namun wadah ini juga tidak ideal untuk penyimpanan keju keras. Karena dapat mengunci pertukaran udara. Sebaiknya longgarkan sedikit tutup wadah jika terpaksa harus menggunakannya.

2. Simpan keju menggunakan kertas keju, kertas lilin, atau menambahkan cuka untuk menghindari jamur

Kertas keju dan kertas lilin adalah beberapa alat yang banyak direkomendasikan untuk menyimpan dan menjaga kualitas keju. Ken Montelene, pemilik Fromagination Cheese Shop, mengatakan bahwa pembungkus tersebut dapat membuat keju bernafas dengan baik dan mencegah udara yang tidak diinginkan masuk.

Venae Watts, anggota generasi kelima dari Minerva Dairy, perusahaan keju dan mentega tertua di Amerika, juga merekomendasikan kubah keju untuk menyimpan dan menjaga kesegaran keju. Karena alat ini bisa membuat keju menciptakan suhu dan kelembabannya sendiri. Ia juga menyarankan untuk menambahkan sedikit cuka pada kertas pembungkus untuk menyelamatkan dari jamur tanpa mengubah rasanya.  

3. Simpanlah keju di crisper sayuran lemari es

Menyimpan ulang keju yang sudah dibuka di rak paling atas atau di pintu lemari es, mungkin sering kita lakukan. Namun menurut Madeline Kuhn, seorang pembuat keju di  Roth Cheese, laci lemari es atau crisper sayuran adalah tempat ideal yang bisa digunakan untuk menyimpan keju. Karena memiliki suhu lebih stabil dan kelembaban yang lebih tinggi.

Selain itu, Adam Brock, direktur keamanan dan kualitas makanan di Dairy Farmers of Wisconsin, juga tidak merekomendasikan menyimpan keju di suhu ruang lebih dari dua jam ataupun di tempat paling dingin lemari es. Karena hal ini akan menurunkan rasa dan kualitas keju.

4. Jauhkan keju dari bahan makanan aromatik

Keju adalah produk susu yang mudah menyerap rasa lain. Oleh karena itu, Adam Brock juga menyarankan untuk sebaiknya menjauhkan keju dari bahan makanan aromatik, seperti jeruk. Untuk mencegah rasa makanan lain masuk dalam rasa keju.

5. Ganti bungkus keju secara teratur

Mungkin sedikit merepotkan, namun mengganti bungkus setiap selesai memotong keju adalah cara yang bagus untuk mempertahankan kesegaran dan menjaga kelembabanya. Joey Wells menyarankan untuk mengganti bungkus setiap kali selesai membukanya dan memberi label tanggal pada bagian luarnya.

Itulah hal-hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas keju tetap aman dalam waktu yang lama. Jangan lupa dipraktikkan, ya!


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS